ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT INVESTASI ONLINE GENERASI Z DI PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Dela Hardiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung
  • Ratna Septiyanti Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/efebe.v3i4.289

Keywords:

Investasi Online, Generasi Z, Minat Investasi, Pengetahuan Investasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat Generasi Z dalam pengambilan keputusan investasi secara online di Provinsi Lampung. Variabel yang diteliti meliputi literasi keuangan, pengetahuan investasi, motivasi, risiko investasi, imbal hasil investasi, dan modal minimum. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan teori utama Theory of Planned Behaviour (TPB). Data didapatkan melalui survei daring kepada 450 responden Generasi Z dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi, motivasi, persepsi risiko, dan ekspektasi imbal hasil berpengaruh signifikan terhadap minat investasi online. Namun, literasi keuangan dan modal minimum tidak berpengaruh signifikan.

Downloads

Published

12-11-2025

How to Cite

Dela Hardiana, & Ratna Septiyanti. (2025). ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT INVESTASI ONLINE GENERASI Z DI PROVINSI LAMPUNG. E-Journal Field of Economics, Business and Entrepreneurship (EFEBE), 3(4), 602–614. https://doi.org/10.23960/efebe.v3i4.289

Issue

Section

S1 AKUNTANSI