ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT INVESTASI ONLINE GENERASI Z DI PROVINSI LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23960/efebe.v3i4.289Keywords:
Investasi Online, Generasi Z, Minat Investasi, Pengetahuan InvestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat Generasi Z dalam pengambilan keputusan investasi secara online di Provinsi Lampung. Variabel yang diteliti meliputi literasi keuangan, pengetahuan investasi, motivasi, risiko investasi, imbal hasil investasi, dan modal minimum. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan teori utama Theory of Planned Behaviour (TPB). Data didapatkan melalui survei daring kepada 450 responden Generasi Z dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi, motivasi, persepsi risiko, dan ekspektasi imbal hasil berpengaruh signifikan terhadap minat investasi online. Namun, literasi keuangan dan modal minimum tidak berpengaruh signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dela Hardiana, Ratna Septiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-journal Field of Economics, Business and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Copyright Notice.



